Minggu, 28 Mei 2017

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN PROGRAM STUDI PPKN

| 23.54 |

A. VISI

Menjadikan Program Studi PPKn sebagai LPTK yang unggul dalam Tri Dharma yang berkualitas, berkemampuan, terampil dalam mendidik, profesional dan beretika/berakhlak mulia.

B. MISI

1. Menyelenggarakan tenaga pendidik yang berkualifikasi dan profesional sebagai pengajar mata pelajaran PPKn, yang berkemampuan menerapkan  pendekatan dan metode pengajaran dalam mendidik.

2. Menyelenggarakan tenaga kependidikan yang profesional, yang bercirikan hal-hal berikut:

a. Berkemampuan tinggi, bermutu, berwawasan luas, dan kritis;

b. Menguasai mata pelajaran PPKn sehingga mampu memanfaatkannya dalam lembaga pendidikan sekolah, luar sekolah, dan lembaga lain yang terkait;

c. Menguasai bidang kependidikan, dan dapat menggunakannya dalam praktek kependidikan yang relevan secara tepat;

d. Melaksanakan penelitian dalam kaitannya dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi pengajaran di bidang PPKn serta pengembangan IPTEKS dalam  bidang yang bersangkutan.

Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam kaitannya dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi dengan IPTEKS yang senantiasa berkembang.

C. TUJUAN

1. Berupaya mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri: menjadi guru yang berkemampuan tinggi dan berwawasan luas; menguasai mata pelajaran PPKn sehingga mampu memanfaatkannya dalam lembaga pendidikan sekolah dan  luar sekolah, dan lembaga-lembaga lain yang terkait; serta mampu mengaktualisasikan diri sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.

2. Menghasilkan lulusan dalam bidang PPKn yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang berbudi pekerti luhur, mandiri, memiliki kemampuan akademik yang profesional.

3. Mengembangkan kurikulum fleksibel yang menyediakan mata kuliah unggulan dengan mengacu pada kerangka pengembangan pendidikan tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai pengguna.

4. Menghasilkan karya-karya ilmiah beserta aplikasinya melalui kegiatan Pendidikan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

5. Membentuk kehidupan akademik normatif yang berpilar pada sikap-sikap ilmiah: obyektif, jujur, terbuka, kritis, inovatif dan saling evaluasi diri serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran.

6. Menerapkan pola kepemimpinan yang partisipatif-demokratik dalam semangat kebersamaan dan kemitraan dalam berbagai bentuk kegiatan.

7. Mengembangkan pola kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai lembaga baik secara internal maupun eksternal dalam rangka memperkuat jaringan pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

D. SASARAN

1. Terwujudnya Sumber Daya Manusia / hasil lulusan S1 yang berkualitas, mandiri, berjiwa pendidik dan profesional di bidang PPKn.

2. Terwujudnya mitra kerjasama dengan instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan lembaga penelitian.

3. Meningkatnya standard pelayanan kepada mahasiswa Program Studi PPKn.

4. Menyediakan sarana dan prasarana yang terbaru dalam mendukung proses belajar mengajar di Program Studi PPKn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top